Sunday, October 23, 2016

Tips Sukses Budidaya Jagung Manis Agar Mendapat Hasil Maksimal.

Hai gan ... ketemu lagi dengan saya,, jangan bosan ea ... hehehe...
Pada postingan kali ini saya akan membahas masalah jagung. Jagung merupakan bahan makanan berkarbohidrat yang bisa digunakan sebagai bahan makanan pengganti beras. jagung merupakan komoditas perdagangan dunia. Pada umumnya jagung yang diperdagangkan adalah untuk pakan ternak serta untuk pembuatan tepung maizena. Siapa yang tidak tau jagung manis, enak jika di rebus ataupun untuk sayur asem. dalam menanam jagung kita harus tau tahapan-tahapannya. nah pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang tips sukses budidaya jagung manis agar mendapat hasil maksimal.


Langsug saja berikut ini adalah tips sukses budidaya jagung manis untuk mendapat hasil maksimal :

1. Pemilihan benih jagung manis

Tahap ini sangat penting jika kita salah memilih benih maka hasilnya tidak akan maksimal jadi usahakan memilih bibit yang berasal dari varietas unggul bebas dari berbagai macam penyakit dan cacat fisik.

2. Pengolahan tanah

Dalam pengolahan tanah ini ada dua cara yaitu secara mekanis dan secara manual. Jika lahan yang akan kita olah luas maka akan sebaiknya menggunakan cara mekanis atau menggunakan traktor. dalam pengolahan tanah ini ada dua tahap yaitu pengolahan tanah pertama dengan bajak singkal dan pengolahan tanah kedua dengan bajak rotari. Sebelum dilakukan pengolahan tanah lahan harus dibersihkan terlebih dahulu dengan tujuan supaya mudah sewaktu pengolahan tanah. Dalam budidaya jagung kita tidak diharuskan membuat bedengan tetapi kita harus benar-bener memperhatikan kondisi saluran drainase agar tanaman kita tidak tergenang air di musim penghujan. Buat lubang tanam hingga kedalaman 5 cm, dengan jarak di antar lubang berkisar 30 x 60 cm. Pembuatan lubang dapat dilakukan dengan cara menugal.

3. Penanaman jagung manis

Penanaman dilakukan setelah lahan siap diolah. Penanaman dilakukan dengan memasukkan benih jagung kedalam lubang dengan jumlah 3 benih per lubang kemudian ditutup lagi dengan tanah agar tidak dimakan hama seperti burung atau ayam.

4. Perawatan Tanaman

Penyiraman
Penyiraman sangat penting untuk menjaga kelembaban tanah apalagi kalau penanaman janggung dilakukan di musim kemarau harus rutin dilakukan penyiraman.
Penyulaman
Penyulaman dilakukan setelah benih berusia satu minggu. Tujuan dari penyulaman ini adalah mengganti bibit yang mati dengan bibit-bibit baru agar bisa menghasilkan pertumbuhan tanaman yang lebih seragam.
Penyiangan / pembersihan gulma
Penyiangan dapat dilakukan setelah tanaman berumur dua minggu. penyiangan dapat dilakukan dengan menggunakan cangkut, sabit, tajak, atau bahkan bajak rotari yang sudah dimodifikasi. Tujuan dari penyiangan ini adalah supaya tanaman bebas dari gangguan gulma.
Pemupukan
Pemupukan dapat menggunakan pupuk organik atau pupuk buatan. tujuan dari pemupukan ini adalah untuk menambah unsur hara dalam tanah sehingga tanah tetap subur dan mendapatkan hasil panen yang maksimal.

5. Panen

Panen jagung manis dapat dilakukan setelah umur 65-75 hari.
Cukup sekian untuk postingan kali ini semoga berman faat bagi pembaca.

0 comments

Post a Comment