Sunday, October 23, 2016

Pemanfaatan Limbah Bekas Minuman Gelas Sebagai Media Pembibitan Cabe Rawit

Limbah merupakan bahan buangan yang tidak terpakai yang apabila di biarkan atau tidak dikelola akan berdampak buruk apa lingkungan. minuman gelas merupakan minuman kemasan yang mungkin semua orang tau dan pernah meminumnya. apalagi kalau ada acara pesta atau sukuran banyak sekali sampah limbah bekas minuman. nah pada postingan kali ini saya akan membahas masalah pemanfaatan limbah Bekas Minuman Gelas Sebagai Media Pembibitan Cabe Rawit. sehingga dapat mengurangi dampak limbah bekas minuman gelas.


langsung saja tahap atau langkah-langkah  pembibitan cabe rawit dengan menggunakan bekas minuman gelas :

1. Pemilihan benih cabe rawit

pilih benih cabe rawit dengan varietas unggul. benih bisa di dapat dari toko pertanian dengan cara di beli.

2. Penyemaian

Alat dan bahan yang digunakan yaitu bekas bak mandi, tanah, pupuk kandang.
caranya yaitu campur pupuk kandang dengan tanah dengan perbandingan 1 : 1 kemudian masukkan kedalam bak mandi bekas. jangan lupa bak mandi bekas di lubangi terlebih dahulu kira kira sebesar diameter pena atau pensil. masukkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang kedalam bakmandi bekas.
taburkan benih cabe di atas media bak mandi yang sudah berisi campuran pupuk kandang dengan tanah kemudian tutup tipis dengan tanah.

3. Pembibitan menggunakan Limbah Bekas Minuman Gelas

Alat dan bahan yang digunakan yaitu limbah bekas minuman gelas, tanah, pupuk kandang.
beri lubang pada bagian bawah bawah limbah bekas minuman gelas kira-kira diameternya sama dengan tusuk sate. campur tanah dengan pupuk kandang dan masukkan kedalam limbah bekas minuman gelas. pindahkan bibit dari penyemaian ke limbah bekas minuman gelas. bibit hasil penyemaian bisa di pindahkan ke dalam limbah bekas minuman setelah mempunyai empat daun sempurna.

Demikian untuk postingan kali ini semoga bermanfaat dan mulailah kita berpikir bagai mana memanfaatkan bahan limbah agar dapat bermanfaat kembali.

0 comments

Post a Comment