Sunday, October 23, 2016

Bagi Yang Ingin Budidaya Jagung Wajib Baca Ini...

Jagung merupakan tanaman yang gampang-gampang susah dalam membudidayakannya. Dalam budidaya jagung kita harus tau hama dan penyakit tanaman jagung dan bagai mana cara menanggulanginya. kalau tidak ya siap-siap aja bakalan melamun memikirkan kerugian yang di trima akibat ulah HPTJ alias Hama dan Penyakit Tanaman Jagung karena faktor kegagalan dalam budi daya tanaman jagung salah satunya yaitu Hama dan Penyakit Tanaman.
pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang hama dan penyakit tanaman jagung.



baiklah langsung saja berikut ini macam jenis hama yang menyerang tanaman jagung :

1. Belalang

Belalang menyerang tanaman jagung dengan cara memakan tanaman yang masih muda hingga menghabiskan seluruh bagian daun, bahkan sampai tulang daunnya. Jenis belalang yang sering menyerang tanaman jagung adalah Oxyca chinensis dan Locusta sp.
Cara membasminya yaitu dengan menggunakan biopestisida yang memiliki bahan aktif Metarhizium anisopliae.

2. Lalat Bibit

Tanaman jagung berubah menjadi kuning, kerdil dan akhirnya mati biasanya tanda kalau tanaman jagung terserang hama lalat bibit. lalat bibit menyerang tunas muda tanaman jagung yang baru tumbuh dengan cara melubangi batang dan memakannya hingga mencapai ke dasar batang tanaman jagung. Nama lain dari lalat bibit ini yaitu Atherigona sp.
Pengendaliannya yaitu dengan cara menjaga kebersihan lahan tempat budidaya tanaman jagung

3. Kumbang Bubuk

Bagian tonggkol jagung merupakan bagian yang sering terserang kumbang bubuk menjelang masa panen sampai ke tempat penyimpanan.

4. Penggerek Tongkol

Dari namanya pasti kita udah tau hama ini menyerang bagian apa. Penggerek Tongkol merupakan hama yang menyerang tongkol jagung dan memakan bijinya yang masih dalam masa perkembangan.
Cara membasminya yaitu dengan memanfaatkan agen hayati misalnya eriborus argentiopilosa dan trichoderma sp.

5. Ulat Grayak

Daun jagung berubah menjadi transparan dan berlubang bahkan hanya menyisakan tulang daunnya saja apalagi kalu bukan ulah si ulat grayak. Ulat Grayak biasa menyerang tanaman secara berkelompok serta bersembunyi di bagian bawah daun.
Cara membasminya yaitu dengan menggunakan insektisida melalui penyemprotan.

0 comments

Post a Comment