Sunday, October 23, 2016

Berbagi Ilmu Sukses Budidaya Kacang Panjang

kacang panjang merupakan sayuran yang banyak di gemari di kalangan masyarakat
pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam budidaya kacang panjang. baiklah langsung saja berikut ini langkah sukses budidaya kacang panjang:

1. Pengolahan tanah

hal yang utama dalam budidaya kacang panjang adalah pengolahan tanah. pengolahan tanah ini ada dua macam yaitu secara manual menggunakan cangkul dan secara makanis menggunakan traktor.
pertama kita harus membersihkan lahan yang akan kita olah dengan tujuan agar mudah nanti dalam pembajakan. kemudian dibuat bedengan dengan ukuran 80-90 cm, dengan ketinggian 20-25 cm, dan kalau untuk panjang nya itu di sesuaikan dengan ukuran lahan kita gan.. jarak antar bedengan yaitu kurang lebih 50 cm. agar penyinaran matahari bisa maksimak kita perlu merancang bedengan sejajar arah timur-barat. buat saluaran drinase, karena drinase yang buruk akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman kacang panjang. taburkan pupuk kandang diatas bedengan dan di aduk rata untuk menambah unsur hara dalam tanah agar tanah subur. biarkan dulu kurang lebih 5 hari sebelum benih ditanam.

2. Penanaman benih Kacang Panjang

Buat lubang di atas bedengan dengan cara menugal dengan jarak tanam 40 cm antar baris dan 30 cm dalam baris, jadi dalam sebuah bedengan terdapat dua baris
masukkan 3 benih kacang panjang dalam tiap lubang kemudian tutup dengan tanah.

3. Perawatan

  1. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari
  2. Pemupukan untuk menambah unsurhara dalam tanah
  3. Penyiangan atau pembersihan gulma di sekeliling tanaman kacang panjang
  4. Pemasangan lenjeran dengan kayu atau pun bambu dengan menancapkan satu lenjeran sedalam 10-15 cm di sekitar tanaman.
  5. Pemberantasan hama dan penyakit pada tanaman kacang panjang.
 

4. Panen

Cara memetik buah saat panen menentukan produktivitas panen berikutnya. Ada dua cara untuk memetik buah kacang panjang. Pertama, mematahkan tangkai buah ke arah yang berlawanan dengan lekukan buah yang menempel pada buah. Kedua dengan cara memutar buah hingga terlepas dari tangkainya. Kedua cara tersebut bisa menghindarkan kerusakan pada bunga atau buah yang belum siap panen.

0 comments

Post a Comment