Thursday, March 1, 2018

Lokasi Yang Paling Baik Digunakan Untuk Menyemai Benih Padi

Ilmu Dasar Tani kali ini akan membahas tentang lokasi yang paling baik digunakan untuk menyemai benih padi. Seperti yang kita tahu bahwa menyemai benih padi sebelum tanam adalah hal yang sangat disarankan dari pada kita langsung menaburkan pada lahan sawah maupun lahan darat. Perbedaan hasil tanaman padi yang proses menanamnya menggunakan persemaian benih dengan padi yang tidak melalui proses persemaian sangat jauh sekali. Lebih bagus adalah melakukan persemaian terlebih dahulu, karena manfaat menyemai benih padi sebelum ditanam sangat banyak sekali.

Baca juga : Keunggulan Benih Padi Hasil Persemaian

Sebelum kita melakukan penyemaian benih padi, hal yang harus kita lakukan adalah menentukan lokasi yang cocok dan tepat untuk menyemaikan benih padi. Kenapa harus memilih tempat lokasi yang paling baik untuk menyemai benih padi? Jawabannya adalah supaya hasil persemain juga bagus dan bibit padi tumbuh dengan sempurna. Berikut ini adalah lokasi yang paling baik digunakan untuk menyemai benih padi sebelum tanam. Ini merupakan pengalaman kami sendiri dalam menanam padi dan hasilnya memang bagus. Silahkan anda coba menerapkanya dan membuktikannya sendiri.


Lokasi Yang Paling Baik Digunakan Untuk Menyemai Benih Padi

Lokasi Yang Paling Baik Digunakan Untuk Menyemai Benih Padi


Adapun lokasi yang paling bagus dan cocok digunakan untuk menyemai benih padi terletak pada jenis atau varietas benih padi yang akan ditanam, kondisi alam dan cuaca, serta tergantung pada tehnik penanaman padi nantinya.

1. Menyemai benih padi didarat

Jika kondisi iklim atau cuaca banyak hujan dari pada kering, maka lokasi yang paling bagus untuk menyemai benih padi adalah didarat. Jika kita semai di lahan sawah maka akan terkena banjir dan benih terendam dalam air cukup lama. Akibatnya pertumbuhan benih menjadi kurang bagus.


2. Menyemai benih pada di lahan sawah

Jika kondisi cuaca kemarau dan udara cukup panas, maka lokasi yang paling cocok untuk menyemai benih padi adalah di lahan sawah. Jadi silahkan anda aliri lahan sawah dengan air irigasi dan olah beberapa petak sawah dengan cara membajak dan menghaluskannya. Lalu sebarkan benih padi sesuai dengan keperluan. Jangan lupa untuk mengatur pengairan sawah agar maksimal pertumbuhan benih.


3. Menyemai benih padi sistem dapog/tray

Cara ini hanya berguna jika kita akan menanam padi menggunakan mesin penanam padi modern. Menyemai benih padi menggunakan sistem dapog/tray adalah kita semaikan benih padi pada cetakan-cetakan seperti nampan yang jumlahnya banyak, setelah bibit siap tanam kita hanya tinggal membuka dengan cara mencopot benih dari cetakan tersebut.

Itulah beberapa Lokasi Yang Paling Baik Digunakan Untuk Menyemai Benih Padi, mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfat dan menambah wawasan anda semua.

0 comments

Post a Comment