Thursday, March 1, 2018

Keunggulan Benih Padi Hasil Persemaian

Ilmu Dasar Tani kali ini akan membahas tentang keunggulan benih padi dari hasil persemaian. Tahukah anda bahwa menyemai benih padi sebelum tanam lebih baik bila dibandingkan dengan menanam atau menabur bibit secara langsung? Jika anda belum tahu maka pada postingan kali ini anda akan tahu apa perbedaan antara benih padi yang disemai dengan tidak disemai. Jadi harap membaca artikel ini sampai selesai dan lihat juga artikel lainnya yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Kalau kita berbicara tentang padi, sudah pasti yang ada di benak kita adalah pertanian dan juga nasi. Kok nasi yang bisa kita pikirkan? Jelas dong, karena asal mulanya nasi adalah dari padi. Padi digiling akan menjadi beras, dan beras kita masak menjadi nasi. Semua orang pasti mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok karena kaya kandungan karbohidrat. Jadi bersyukur kita masih ada petani yang mau menanam padi.

Kalau kita lihat pekerjaan para petani padi memang cukup berat, mereka berusaha untuk membudidayakan padi dengan baik. Salah satu cara dalam budidaya padi adalah menyemai benih padi. Kegiatan menyemai benih padi bertujuan untuk mendapatkan benih padi berkualitas dan siap untuk ditanam. Memang kerja kita cukup berat jika menanam padi pakai sistem semai terlebih dahulu. Setelah benih disemai dan tumbuh, kita harus mencabut benih-benih padi dan kemudian menanamkannya menggunakan tangan. Cukup melelahkan dan memakan waktu yang lama, berbeda dengan menanam padi siste tebar atau sebar secara langsung, cepat selesai dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun hasilnya jauh lebih baik yang menanam padi dengan sistem semai terlebih dahulu.


Keunggulan Benih Padi Hasil Persemaian


1. Lebih tahan terhadap serangan hama penyakit

Salah satu keunggulan benih padi yang sudah disemai terlebih dahulu adalah dapat tahan terhadap serangan hama dan juga penyakit. Berbeda jika kita membudidayakan padi dengan menebar biji atau benih padi kelahan sawah langsung.

Baca juga : Inilah Dampak Buruk Menanam Padi Sawah Sistem Tabur Biji Tanpa Semai

2. Pertumbuhan padi merata

Keunggulan menanam padi sistem semai selanjutnya adalah akan membuat pertumbuhan padi menjadi merata. Berbeda jika kita langsung menabur benih padi maka pertumbuhan padi tidak merata, ada yang sudah tinggi dan ada yang masih rendah.


3. Kualitas benih terjamin

Keunggulang benih padi hasil semai selanjutnya adalah akan mendapatkan benih padi yang terjamin kualitasnya. Silahkan anda coba praktekkan sendiri dan bandingkan dengan padi yang menggunakan sistem tabur biji.


4. Pertumbuhan padi lebih cepat

Keunggulan benih padi hasil persemaian juga akan menghasilkan padi yang bagus, pertumbuhan padi menjadi lebih cepat dan hijau. Apalagi jika pemupukan padi segera dilakukan dan cara memupuk padi dilakukan dengan tepat sesuai anjuran pemupukan padi yang benar.

Itulah beberapa Keunggulan Benih Padi Hasil Persemaian, semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment