Tuesday, March 6, 2018

Inilah Penyebab Kenapa Bunga Jambu Air Sering Rontok

Ilmu Dasar Pertanian kali ini akan membahas tentang faktor penyebab bunga jambu air sering mengalami kerontokan sebelum dapat menjadi buah. Seringkali kita menjumpai bunga jambu air yang banyak rontok hampir seluruhnya, kalupun jadi paling hanya beberapa saja. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan bunga jambu air tersebut mudah rontok atau gugur? Ada banyak sekali faktor penyebab bunga jambu air menjadi rontok, maka dari itu terus baca artikel ini sampai habis dan jangan lupa untuk terus mengunjungi blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru.

Tanaman jambu air memang termasuk tanaman buah yang rentan rontok terutama pada masa berbunga. Jika bunga sudah berubah menjadi pentil atau buah, maka jarang sekali mengalami kerontokan. Admin sendiri juga memiliki pohon jambu air, terutama jambu madu yang sering mengalami kerontokan bunga. Melihat hal itu membuat admin berusaha mencari tahu apa sebenarnya faktor penyebab bunga jambu air atau bunga jambu madu sering kali rontok. Setelah menemukan penyebabnya maka admin mencari tahu apa solusi mengatasi rontok bunga jambu air tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab kenapa bunga jambu air sering rontok.

Penyebab Kenapa Bunga Jambu Air Sering Rontok
Gambar bunga jambu air rontok ( Foto Original Ilmu Dasar Tani )


Penyebab Bunga Jambu Air Sering Rontok


1. Kondisi iklim/cuaca

Pada kondisi cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi perkembangan bunga jambu, misalnya pada musim penghujan dengan intensitas tinggi, maka akan ada banyak bunga jambu yang rontok.


2. Kurang air

Pada kondisi musim kemarau, jika tanaman kekurangan air atau tidak pernah disiran akan menyebabkan rontoknya bunga. Maka jika anda memiliki tanaman buah seperti jambu air, sebaiknya lakukan penyiraman secara rutin, siram tanaman di pagi dan sore hari.


3. Gagal penyerbukan

Penyebab lainnya yang membuat tanaman jambu air sering rontok bunganya adalah karena tidak adanya penyerbukan atau gagal penyerbukan. Meskipun tanaman ini bisa mengalami penyerbukan sendiri tetapi itu hanya sekitar 5 % saja, selebihnya akan membutuhkan penyerbukan silang.


4. Kurang pupuk

Penyebab bunga jambu air sering rontok juga karena kurang nutrisi atau mungkin tanaman jambu anda tidak pernah diberi pupuk. Maka dari itu jika tanaman jambu sudah mulai berbunga lakukan pemupukan berkala.

Itulah beberapa Penyebab Kenapa Bunga Jambu Air Sering Rontok, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua.

0 comments

Post a Comment