Saturday, March 3, 2018

Defenisi Pupuk Kompos dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Ilmu Dasar Tani kali ini akan membahas tentang pengertian pupuk kompos dan manfaat pupuk kompos bagi tanaman. Tahukah anda apa itu pupuk kompos? Mungkin bagi sebagian anda sudah mengetahui apa arti pupuk kompos dan kegunaannya terhadap tanaman. Namun ada juga mungkin sebagian dari anda juga yang belum tahu apa sebenarnya pupuk kompos dan manfaatnya pada tanaman. Untuk itu sebaiknya anda baca artikel ini sampai habis dan jangan lupa untuk terus mengujungi blog ini agar anda mendapatkan informasi terbaru dalam bidang pertanian maupun perkebunan.

Defenisi Pupuk Kompos dan Manfaatnya Bagi Tanaman


Pengertian Pupuk Kompos


Pupuk kompos adalah pupuk organik yang terbuat dari proses penguraian bahan-bahan seperti sisa makanan, pembususukan tanaman, maupun kotoran hewan. Jadi maksud dari pengomposan ini adalah kita menguraikan bahan-bahan organik dengan bantuan mikroba. Jenis bahan organik yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk kompos adalah kotoran ternak dan sisa-sisa bahan organik tanaman, sampah dan lain-lain.

Arti sebenarnya dari pengomposan yaitu proses penguraian bahan-bahan organik secara biologis yang dibantu oleh mikroba-mikroba. Bahan yang digunakan dalam proses pengomposan ini antara lain berbagai campuran bahan-bahan organik, baik sisa makanan, kotoran ternak, air, dan lain sebagainya. Adapun manfaat dari pupuk kompos ini bagi tanaman sangat banyak.


Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman


  1. Dapat meningkatkan kesuburan pada tanah dan juga tanaman. Hal ini karena pupuk kompos mengandung berbagai unsur hara yang cukup lengkap, baik unsur hara makro ataupun unsur hara mikro. Tahukah anda bahwa kandungan unsur hara seperti ini tidak terdapat pada pupuk anorganik atau pupuk kimia.
  2. Dapat memperbaiki sifat fisik tanah yang sudah rusak. Jadi manfaat pupuk kompos juga dapat membuat tanah yang sudah tandus bisa kembali subur.
  3. Dapat memperbaiki serta menjaga strukur tanah dan menyangga pH pada tanah.
  4. Manfaat pupuk kompos selanjutnya dapat membuat kelembaban tanah tetap terjaga.
  5. Dapat digunakan dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, karena tidak memiliki efek samping, berbeda dengan pupuk kimia yang apabila digunakan secara berlebihan akan merusak sruktur tanah.
  6. Pupuk yang ramah lingkungan dan aman digunakan di segala kondisi.

Itulah Pengertian Pupuk Kompos dan Manfaatnya Bagi Tanaman, semoga artikel ini membantu menambah wawasan anda semua.

0 comments

Post a Comment