Sunday, February 25, 2018

Pentingnya Merendam Benih Padi Sebelum Di Semaikan

Ilmu Dasar Tani kali ini akan membahas tentang apa manfaat dari perendaman benih padi sebelum di semaikan. Jika anda tahu bahwa dengan melakukan perendaman benih dapat memaksimalkan hasil pada benih padi sehingga apabila di taburkan akan mampu untuk tumbuh dengan cepat, maka anda juga akan melakukannya. Biasanya para petani akan melakukan tehnik pemilihan benih padi, yaitu dengan melakukan penyortiran benih, lalu merendamnya dengan air selama satu malam, baru kemudian mereka sebar pada area yang sudah di persiapkan untuk menyemai.

Dalam budidaya padi sawah, menyemai adalah hal yang penting dan sangat mempengaruhi hasil panen padi. Walaupun ada sebaian petani yang tidak mau repot dengan menyemai benih, maka mereka langsung menanam padi dengan cara menaburkan benih pada area sawah tanpa harus menyemai terlebih dahulu. Padahal menanam padi dengan cara menyebarkan benih secara langsung akan jauh berbeda hasilnya jika benih terlebih dahulu di semai, kemudian setelah tumbuh beberapa minggu di cabut dan ditanam pada lahan sawah. Apa saja dampak buruk yang akan terjadi jika kita menanam padi hanya menaburkan benih secara langsung tanpa menyemai terlebih dahulu?

Silahkan baca : Inilah Dampak Dari Menanam Padi Sistem Tabur Langsung

Mungkin setelah anda membaca artikel tentang dampak buruk menanam padi sistem tebar langsung, anda tidak lagi mau melakukan hal itu. Maka sekarang mulailah menanam padi dengan menyemai terlebih dahulu. Dalam menyemai padi ada tehnik yang jitu untuk mempercepat pertumbuhan akar pada benih padi yaitu merendam padi dalam air selama satu malam. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Pentingnya Merendam Benih Padi Sebelum Di Semaikan


Pentingnya Merendam Benih Padi Sebelum Di Semaikan


Manfaat merendam benih padi sebelum melakukan penyemaian adalah akan mempercepat atau merangsang pertumbuhan akar. Jadi dengan merendam benih padi dalam air selama satu malam akan merangsang kecambah akar, jadi nanti ketika benih sudah ditaburkan pada lahan persemaian akan cepat tumbuh. Cara merendam benih padi sebelum penyemaian cukup mudah, bisa kita masukkan benih padi dalam goni atau karung, kemudian kita masukkan dalam air. Sebagai saran saja sebaiknya dalam perendaman benih kita tambahkan fungisida dan ZPT supaya dapat mencegah penyakit. Selain itu dengan memberikan ZPT akan mempercepat pertumbuhan akar pada benih padi.

Jadi itulah manfaat dari perendaman benih padi sebelum menyemai, semoga sedikit penjelasan ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman bagi anda semua. Jangan lupa untuk berlangganan artikel ini dan jadilah pembaca setia blog ini. Salam pertanian.

0 comments

Post a Comment