Sunday, December 2, 2018

Tips Sukses Budidaya Cabe Menggunakan Media Pot

Ilmu Dasar Tani kali ini akan membahas tentang bagaimana tips membudidayakan cabai dengan menggunakan media pot. Cabai pada umumnya ditanam oleh petani di lahan terbuka dan biasanya membutuhkan areal tanam yang luas. Tapi masalahnya adalah tidak semua orang memiliki lahan  yang luas untuk menanam cabai tersebut. Apalagi di daerah perkotaan dengan kondisi perumahan yang sempit serta padat penduduk yang sebagian besar sudah di buat gedung-gedung bertingat. Tentu hal ini tidak memungkinkan mereka untuk menanam cabai. Tapi tidak ada kata tidak mungkin di dunia ini, meskipun anda tidak memiliki lahan luas dan khusus, anda tetap bisa kok menanam cabai dirumah, yakni dengan menggunakan media pot.

Nah pada postingan kali ini admin akan berbagi sedikit pengalaman tentang tips sukses budidaya cabe menggunakan media pot. Jadi dengan menggunakan media pot ini anda tidak perlu lahan terbuka yang luas. Cukup dengan menggunakan pot anda sudah bisa berbudidaya cabai maupun tanaman jenis sayur lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

Tips Sukses Budidaya Cabe Menggunakan Media Pot


Tips Sukses Budidaya Cabe Menggunakan Media Pot


1. Menyiapkan benih cabe


Tahap pertama yang harus anda siapkan adalah benih cabai tentunya. Usahakan dalam memilih benih cabe yang masih bagus, lihat tanggal kadaluarsanya. Karena menurut pengalaman admin pernah membeli benih cabe kemudian di semai tidak ada yang hidup satu pun, eh rupanya sudah kadaluarsa. Adapun benih cabe bisa kita dapatkan dengan membeli di toko pertanian. Atau jika anda mau yang praktis bisa kita buat sendiri benih cabai yaitu dengan mengambil beberapa cabai unggul dan ambil bijinya untuk dikeringkan dan dijadikan benih.

2. Melakukan penyemaian

Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah : bak mandi bekas, tanah, pupuk kandang. campur pupuk kandang dengan tanah kemudian masukkan kedalam bak mandi bekas. Kemudian taburkan benih diatas media bak mandi bekas yang sudah diisi dengan tanah dan pupuk kandang. Jaga kelembaban dan waspada terhadap pencurian benih yang dilakukan hama semut atau ayam. bibit dapat dipindahkan ke pot setelah mempunyai empat daun sempurna.

3. Penanaman

Media tanam harus dipersiapkan terlebih dahulu kurang lebih dua minggu sebelum penanaman. Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat media tanam yaitu : pot, tanah, pupuk kandang, bibit cabe. Campurkan pupuk kandang dengan tanah kemudian masukkan kedalam pot. Kemudian tanam bibit diatas media pot yang sudah berisi tanah dan pupuk kandang. Siram media tanam dengan air biasa secara merata.

4. Perawatan

Penyiraman sebaiknya dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari. Selain itu penyiangan atau membersihkan rumput atau gulma pengganggu tanaman cabai juga harus anda lakukan. Pemupukan untuk menambah unsur hara pada tanah, serta pemberantasan hama dan penyakit pada tanaman cabai juga tidak boleh ketinggalan.

Demikian sedikit informasi tentang Tips Sukses Budidaya Cabe Menggunakan Media Pot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 comments

Post a Comment